Deteksi Suhu Tubuh Ojol Pakai Drone, Polri Gandeng BRI Cegah Corona

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 14:20 WIB
BRI dan Korlantas
Foto: BRI
Jakarta -

Korlantas Polri bersama Ditlantas Polda Metro Jaya menggandeng Bank BRI dalam melakukan sosialisasi Operasi Keselamatan Cegah COVID-19 kepada para masyarakat. Pencegahan ini pun dilakukan dengan menggunakan drone untuk mendeteksi suhu tubuh para pengguna jalan, khususnya pengemudi Ojek Online (OJOL) di kawasan Senayan Jakarta.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono yang memimpin jalannya Operasi Keselamatan 2020 mengungkapkan drone tersebut dapat difungsikan untuk memberikan edukasi physical distancing melalui pengeras suara yang dipasangkan dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat terkait pencegahan COVID-19.

"Alat ini akan terus kita gunakan selama masa Kondisi Luar Biasa (KLB). Nantinya, bila ditemukan pengendara dengan suhu tubuh di atas 38 derajat akan segera diambil langkah cepat dengan merekomendasikan yang bersangkutan untuk segera ditindaklanjuti sesuai prosedur kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19," ujarnya dalam keterangan tertulis Rabu (8/4/2020)


"Dalam kondisi di mana dampak COVID-19 menyentuh seluruh lapisan masyarakat, Bank BRI tergerak untuk membantu para pekerja informal yang terdampak langsung seperti pengemudi ojek online, sehingga mereka dapat terus bekerja melayani masyarakat yang saat ini sangat membutuhkan transportasi dan delivery service," pungkas Agus.Di samping melakukan pengecekan suhu tubuh, operasi yang juga dihadiri oleh Direktur Hubungan Kelembagaan & BUMN Bank BRI Agus Noorsanto, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo dan Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin ini juga memberikan bantuan sembako kepada para 3000 pengemudi ojek online usai diperiksa kesehatannya.

Sebagai informasi, kegiatan ini pun sudah berlangsung sejak tanggal 6 hingga 19 April 2020 mendatang, untuk menekan angka penyebaran virus Corona lebih lanjut.

(mul/mpr)