Pemprov Riau: Ada Santunan Rp 300 Juta Jika Tenaga Medis Wafat Tangani Corona

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 13:46 WIB
Positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China
Ilustrasi tenaga medis (Foto: iStock)
Pekanbaru -

Pemprov Riau mengatakan ada dana santunan khusus yang bakal diberikan kepada tenaga medis yang wafat saat menangani pasien virus corona. Dana yang disiapkan berjumlah Rp 300 juta.

"Kita telah menyediakan dana santunan untuk para medis Rp 300 juta jika ada paramedis yang meninggal dunia karena penanganan pasien virus corona," kata Sekda Provinsi Riau, Yan Prana Jaya, Rabu (8/4/2020).

Yan mengatakan santunan itu bukan cuma untuk dokter dan perawat. Namun, tenaga lain yang terlibat langsung dalam penanganan pasien virus corona di RS bakal mendapat santunan jika terjadi hal yang tak diinginkan.

"Jadi tidak hanya dokter, perawat, tapi semua yang terlibat dalam penanggulangan wabah virus corona ini di rumah sakit rujukan akan mendapatkan santunan," kata Yan Prana.

Namun, dia mengatakan Pemprov Riau berharap tak ada tenaga medis yang gugur saat menangani pasien corona. Dia meminta warga untuk mematuhi anjuran pemerintah untuk menjaga jarak dan mengurangi aktivitas di luar rumah demi mencegah penyebaran virus corona.

"Kita tentunya tidak menginginkan hal yang terburuk. Kita berharap, agar wabah ini bisa segera tertangani secepatnya. Diharapkan peran masyarakat untuk mematuhi protokoler yang telah ditetapkan pemerintah, jaga jarak dan selaku jaga kesehatan," kata Yan.

Kupas Tuntas Nasib Jenazah Positif Corona:

(cha/haf)