Pilu Tenaga Medis COVID-19, Serumah tapi Cium-Peluk Anak Via Video Call

ADVERTISEMENT

Pilu Tenaga Medis COVID-19, Serumah tapi Cium-Peluk Anak Via Video Call

Sitti Harlina - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 19:00 WIB
Petugas medis berjalan memasuki ruang isolasi RSUP Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (18/2/2020). Menurut keterangan dari Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUP Mohammad Hosein Palembang Dr Zein Ahmad, satu pasien laki-laki berinisial TH (62) yang sempat diduga terinfeksi virus Corona (Covid-19) setelah pulang dari Malaysia, namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut tidak memenuhi kriteria terinfeksi virus Covid-19 dan saat ini masih dalam tahap observasi diruang isolasi Rumah Sakit. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pd.
Ilustrasi Petugas Medis Berjalan Memasuki Ruang Isolasi (Nova Wahyudi/Antara Foto)

Tidak hanya itu, bahkan untuk melakukan hubungan suami-istri pun, para tenaga medis memilih menahan diri terlebih dahulu. Sikap itu diambil meski tiap bekerja menangani pasien selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) yang berlapis-lapis.

"Walau sudah pakai APD (saat merawat pasien), kekhawatiran tetap ada. Bahkan termasuk hubungan suami-istri pun terpaksa dihindari dulu. Ada yang begitu," ujarnya.

Dikatakannya, hal itu wajar karena saat ini seluruh elemen sedang melawan musuh yang tak terlihat. Meskipun demikian, tim dokter dan tenaga kesehatan tetap berusaha untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

"Hampir semua dokter dan nakes (tenaga kesehatan) pada umumnya siap dan ikhlas, sebagai tanggung jawab profesi luhur," imbuhnya.


(jbr/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT