Istri Bima Arya Gagas Gerakan Sejuta Masker Kain untuk Kota Bogor

Yudistira Imandiar - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 16:54 WIB
Pemkot Bogor
Foto: Pemkot Bogor
Jakarta -

Menyikapi kelangkaan masker di tengah pandemi virus Covid-19, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Bogor, Yane Ardian menggagas gerakan 'Sejuta Masker Kain untuk Kota Bogor'. Menurutnya, masih banyak warga yang tidak bisa mendapatkan masker lantaran stoknya terbatas, sekalipun ada harganya mahal.

Sejumlah warga, kata istri Wali Kota Bogor Bima Arya itu, juga belum paham kegunaan masker untuk mencegah percikan droplet dari orang yang bersin atau batuk masuk ke dalam mulut dan hidung.

Di rumahnya, Yane menyediakan tempat jahit dan SDM untuk pembuatan masker kain. Ia juga juga menggerakkan kader PKK se-Kota Bogor untuk ikut ambil bagian dan mengajak partisipasi masyarakat dalam gerakan sejuta masker kain tersebut.

"Banyak yang terlibat dalam gerakan ini. PKK sebagai inisiator melibatkan PKK Kota Bogor, kecamatan, kelurahan, RW, RT hingga Dasawisma. Ada juga Yayasan Cinta Keluarga Indonesia (YCKI) sebagai fasilitator donasi, Solidaritas Bogor untuk relawan antar dan komunitas lainnya serta seluruh masyarakat Kota Bogor yang peduli pada gerakan ini," jelas Yane dalam keterangan tertulis Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang dihimpun detikcom, Selasa (7/4/2020).

Tidak sebatas melibatkan PKK, Yane menjelaskan, gerakan yang digagasnya membuka kesempatan masyarakat untuk ikut berdonasi dalam menyediakan masker bagi warga Bogor. Donasi bisa berupa uang, bahan kain, masker jadi, ataupun sukarelawan sebagai penjahit masker.

"Donasi-donasi ini saling support. Pemberdayaan masyarakat yang utama untuk sadar secara mandiri ikut dalam gerakan ini," katanya.

Yane mengatakan, pihaknya tengah mendata relawan jahit di wilayah yang melakukan produksi mandiri. Setelah diproduksi, masker kain akan dibagikan gratis untuk warga, berdasarkan pengajuan dari PKK kelurahan dan kecamatan. Pembagian diprioritaskan untuk masyarakat yang berkegiatan di tempat umum, seperti pasar, stasiun, dan sebagainya.

"Masker kain dibungkus dan disertakan selembaran edukasi cara pakai dan cara cuci masker kain," imbuhnya.

Selain mengimbau masyarakat agar menggunakan masker, Yane turut mengingatkan agar selalu menjaga kebersihan, berkaitan dengan upaya pencegahan penularan virus Covid-19. Pola hidup sehat, kata dia, perlu diterapkan, di antaranya makan makanan Beragam Bergizi Seimbang Halal dan Aman ( B2SHA), aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari dalam lima kali seminggu, berjemur 15 menit, rajin cuci tangan pakai sabun dan dengan air mengalir.

"Selain itu juga terapkan physical distancing, media social distancing, pakai masker untuk menghindari droplet, selalu merasa bahagia (positif thinking), istirahat cukup dan yang tak kalah penting mendekatkan diri pada Allah SWT," ujarnya.

Tonton juga 'Gagas Gerakan Sejuta Masker Kain untuk Kota Bogor, Istri Bima Arya Membagikan Masker Gratis':

[Gambas:Video 20detik]

(akn/ega)