Beli Masker Rp 36 Juta di Online Shop, Juan Malah Terima Paket Batu Bata

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 16:05 WIB
Pria di Palembang laporkan dugaan penipuan (Raja Adil-detikcom)
Pria di Palembang laporkan dugaan penipuan. (Raja Adil/detikcom)
Palembang -

Nasib sial menimpa Juan Puncan (30). Pria asal Palembang, Sumatera Selatan, ini awalnya memesan masker senilai Rp 36 juta, tapi yang diterimanya malah paket berisi batu bata.

"Saya awalnya pesan masker melalui akun online shop di Instagram Rp 36 juta. Pesan pada 4 April lalu," ujar Juan di Mapolrestabes Palembang, Selasa (7/4/2020).

Juan mengatakan dia menunggu barang tersebut selama tiga hari. Menurutnya, masker itu bakal didonasikan ke Padang.

"Saya pesan itu 200.601 boks. Kami dari komunitas dan itu untuk didonasikan ke Padang. Ternyata saat dicek malah yang kami terima seperti itu," katanya.

Pria di Palembang laporkan dugaan penipuan (Raja Adil-detikcom)Pria di Palembang laporkan dugaan penipuan. (Raja Adil/detikcom)

Juan kemudian melaporkan kejadian ini ke polisi. Dia mengaku miris ada yang tega menipu di tengah pandemi Corona.

"Miris, di tengah wabah Corona seperti ini masih saja orang melakukan penipuan. Padahal bukan untuk kepentingan pribadi kami, tapi untuk kemanusiaan," kata Juan.

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang AKBP Nuryono, melalui Kepala SPKT Polrestabes Palembang AKP Heri, membenarkan laporan tersebut. Dia mengatakan petugas sedang mendalami laporan tersebut.

"Laporan sudah kita terima dan laporan polisi korban akan ditindaklanjuti oleh unit Reskrim Polrestabes Palembang, untuk pelakunya sendiri bila terbukti bersalah akan dikenakan hukuman penjara selama 4 tahun penjara," katanya.

Kenali Plus-Minus Masker Kain Sebagai Penangkal Virus:

(ras/haf)