Bola Salju Kasus Ali Baharsyah Hina Jokowi Via Isu Wabah

ADVERTISEMENT

Round-Up

Bola Salju Kasus Ali Baharsyah Hina Jokowi Via Isu Wabah

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 07:30 WIB
Konpers Kasus Ali Baharsyah Penghina Jokowi
Foto: Ali Baharsyah (baju oranye) dihadirkan dalam konferensi pers (dok. Divisi Humas Polri)

Oleh sebab itu, Himawan memaparkan Ali dijerat Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tentang ujaran kebencian dan SARA, Pasal 207 KUHP tentang penghinaan terhadap penguasa, serta pasal tentang pornografi.

Dari hasil pemeriksaan terhadap Ali, tambah Himawan, motif pemuda 33 tahun ini menghina Presiden Jokowi adalah karena ingin menyebarluaskan paham yang diyakininya. Namun Himawan tak menjelaskan dengan gamblang seperti apa paham yang diyakini Ali.

"Dari hasil pemeriksaan, motif tersangka menyebarluaskan paham yang diyakininya, yakni beberapa paham yang bertentangan, dan beberapa paham yang kami lakukan pendalaman. Modus operandi tersangka adalah yang bersangkutan melakukan kegiatan pemostingan yang sebelumnya dilakukan pembuatan video, merekam. Lalu video tersebut diposting yang mana mengandung unsur SARA, diskriminasi ras dan etnis, berita bohong, penghinaan terhadap penguasa," tandas Himawan.

Ali Baharsyah Penghina JokowiVideo penghinaan terhadap Presiden Jokowi, yang membuat Ali Baharsyah ditangkap (Foto: Screenchot 20detik)

(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT