Darurat Corona, Pemkot Banda Aceh Beri Bantuan bagi Kaum Disabilitas

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 23:25 WIB
Pemkot Banda Aceh
Foto: Pemkot Banda Aceh
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh menyalurkan bantuan kepada 192 penyandang disabilitas di Banda Aceh. Masing-masing memperoleh bantuan Rp 4 juta.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menjelaskan, sebagian besar penyandang disabilitas di wilayah yang dipimpinnya berprofesi sebagai juru pijat. Dengan adanya imbauan physical distancing di mana masyarakat harus menjaga jarak minimal 1 meter, praktis mereka sulit mendapatkan pemasukan. Oleh sebab itu, Pemkot Banda Aceh memberikan bantuan untuk mencukupi kebutuhan mereka.

"Saya instruksikan kepada dinas terkait untuk sesegera mungkin membagikan bantuan ini," kata Aminullah dalam keterangan tertulis, Senin (6/4/2020).

Ia berpesan kepada para penyandang disabilitas agar menggunakan dana bantuan dengan bijak. Pemenuhan kebutuhan pokok harus diprioritaskan.

"Jangan gunakan dana ini untuk kebutuhan yang tidak bermanfaat, utamakan terlebih dahulu untuk kebutuhan sembako dan kebutuhan rumah tangga, dan sama-sama kita berdoa supaya Covid-19 ini segera berakhir," kata Aminullah.

Ketua Persatuan Tunanetra Indosia (Pertuni), M Nur Abdullah yang mewakili penyandang disabilitas menghaturkan terima kasih kepada Pemkot Banda Aceh. Menurutnya, bantuan yang diberikan sangat bermanfaat untuk kaum disabilitas di tengah pandemi corona sekarang ini.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Aminullah bersama Pak Zainal (Wakil Wali Kota Banda Aceh) yang telah memberi perhatian cepat. Kami sangat terbantu, apalagi di kala merebaknya virus corona," ujarnya.

Nur menjelaskan, 90 persen kaum disabilitas di Kuta Raja, Banda Aceh, bekerja sebagai juru pijat. Dengan aturan jaga jarak satu meter yang diimbau pemerintah, maka mereka sangat khawatir tidak dapat bekerja sementara waktu.

"Bantuan ini akan kami manfaatkan dengan sebaik mungkin, terutama untuk kebutuhan sehari-hari bersama keluarga," kata Nur.

(akn/ega)