Kalah Pilwagub DKI, Nurmansjah: Lawan Politik PKS Solid

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 19:23 WIB
Cawagub DKI Jakarta, Nurmansyah Lubis.
Nurmansjah Lubis (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Nurmansjah Lubis memberikan selamat kepada rivalnya, Ahmad Riza Patria, yang memenang pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Nurmansjah menilai kemenangan A Riza tidak terlepas dari solidnya koalisi yang dibangun oleh Partai Gerinda.

"Selamat untuk Bang Riza sebagai cawagub terpilih dan bantu Bang Anies (Gubernur DKI Jakarta) secara memadai, terlebih dalam menghadapi pandemi Coronavirus," ucap Nurmansjah saat dihubungi, Senin (6/4/2020).

PKS merasa kalah oleh koalisi besar di DPRD DKI Jakarta. Kekuatan itu solid melawan PKS yang sendirian.

"Jadi terulang lagi bahwa PKS dikalahkan oleh koalisi Gerindra, PDIP, Demokrat, NasDem, Golkar, PKB/PPP, PAN, dan PSI memilih abstain. Menarik untuk dianalisa lebih lanjut solidnya lawan politik PKS di DPRD DKI Jakarta," kata Nurmansjah.

Diketahui, PKS yang mendapatkan 16 kursi di DPRD DKI Jakarta hanya mampu memberikan 17 suara untuk Nurmansjah. Sedangkan Gerindra yang memiliki kursi 19 mampu mendominasi dengan 81 suara untuk A Riza Patria.

"Hasil voting cawagub merupakan cermin realitas politik tingkat nasional bahwa PKS memang sendiri lagi. Ini tercermin dari hasil voting Bang Riza mendapat 81 suara dan 2 suara tidak sah yang memilih Riza, dan 17 suara yang memilih Bang Ancah (panggilan Nurmansjah). (Sebanyak) 16 suara PKS solid, sesuai jumlah kursi ditambah 1 suara misterius," ujar Nurmansjah.

(aik/fjp)