Ketua Baru Syarifuddin Diharap Bawa Angin Segar di MA

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 19:21 WIB
H. Marwan Jafar, SE., SH., MM., MSi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada Kabinet Kerja 2014–2019. Sebelumnya ia menjabat sebagai anggota DPR RI dari PKB mewakili Jawa Tengah.
Marwan Jafar (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berharap kepemimpinan Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) berdampak positif terhadap kepastian hukum di Indonesia. Ketua DPP PKB Marwan Jafar meminta Syarifuddin fokus menjaga perilaku hakim.

"Ketua MA baru terpilih yang sebelumnya adalah Wakil Ketua MA dan juga Ketua Badan Pengawasan di MA. Diharapkan juga meningkatkan kerja sama kelembagaan yang lebih baik dengan Komisi Yudisial terkait etika dan perilaku para hakim di seluruh Indonesia," kata Marwan kepada wartawan, Senin (6/4/2020).

Marwan juga menyoroti sejumlah masalah lain di tubuh MA. Dia meminta Syarifuddin segera menyelesaikan tunggakan perkara yang ada di MA.

"Saya berharap Pak Syarifuddin juga akan melakukan sejumlah perubahan agar MA semakin mendapat kepercayaan masyarakat sebagai benteng terakhir bagi para pencari keadilan. Selain itu, angka tunggakan perkara kita harapkan makin kecil dan keterbukaan unggahan putusan MA juga bisa diakses masyarakat lebih cepat," papar Marwan.

Marwan mengaku tidak meragukan kemampuan Syarifuddin. Anggota Komisi VI DPR RI itu menilai Syarifuddin sebagai sosok yang kaya pengalaman.

"Saya tidak meragukan kemampuan Ketua MA baru dilihat dari pengalaman, kepemimpinan dan profesionalitasnya di dunia hukum," ucap Marwan.

Sebelumnya, Hakim agung Syarifuddin dipilih 32 hakim agung untuk menakhodai MA. Dia meraih 32 suara dalam pemilihan Ketua MA yang digelar hari ini.

(zak/gbr)