Mangsa Ternak, Ular Piton 4 Meter Ditangkap Warga Gowa

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 18:49 WIB
Ular 4 meter ditangkap warga Kampung Songkolo, Kelurahan Bontomanai, Gowa (dok. Istimewa)
Ular 4 meter ditangkap warga Kampung Songkolo, Kelurahan Bontomanai, Gowa (Foto: Istimewa)
Gowa -

Warga Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), menangkap ular piton yang masuk kandang itik. Ular Piton sepanjang 4 meter ini diamankan saat baru saja memangsa itik di kandang milik Daeng Se're (55).

Daeng Se're saat dihubungi menyebutkan ia menangkap ular di dalam kandang itiknya sekitar pukul 01.00, Senin (6/4/2020) dini hari. Awalnya dia mendengar suara gaduh di kandang itik belakang rumahnya.

"Saat tertangkap di dalam kandang, ular ini sedang memangsa itik saya, sebelumnya kami sudah sering kehilangan itik, mungkin ular ini pelakunya," ujar Se're.

Penangkapan ular piton di kandang itiknya sudah dua kali terjadi tahun ini. Sebelumnya, di awal Februari lalu, Se're juga menangkap ular sanca kembang dengan panjang hampir sama dengan ular yang ditangkapnya semalam.

"Ular piton yang sudah ditangkap sebelumnya sudah saya kasih ke teman di kampung Bontomanai, infonya ular tersebut lepas dari kandangnya," tutur Se're.

Piton Sulawesi ini diduga berasal dari habitatnya di kawasan semak belukar yang tidak jauh dari belakang kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Setelah tertangkap, ular bernama latin Phyton reticulatus ini disimpan di dalam sangkar burung berukuran besar. Ular di dalam sangkar ini juga menjadi tontonan warga Kampung Songkolo. Rencananya ular ini akan dipelihara Se're atau akan diberikan ke penggemar reptil yang siap memelihara ular tersebut.

(mna/jbr)