Tangkap Ali Baharsyah Penghina Jokowi, Polri: Dia Dipantau Sejak 2018

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 16:18 WIB
Ali Baharsyah Penghina Jokowi
Foto: Screenchot 20detik
Jakarta -

Tersangka penghina Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ali Baharsyah telah dipantau pergerakannya di media sosial oleh kepolisian sejak 2018. Bareskrim Polri mengatakan konten-konten media sosial Ali mengandung unsur pidana.

"Tersangka telah dilaporkan atau dimonitoring sjeak tahun 2018, berkaitan dengan postingan-postingannya atau pun video-videonya, atau melakukan postingan secara viralisasi yang mengandung unsur pidana," kata Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Himawan Bayu Aji, dalam konferensi pers yang disiarkan saluran Youtube Tribrata TV, Senin (6/4/2020).

Himawan menjelaskan polisi terus memantau konten-konten media sosial Ali hingga 2019. Saat itu telah dibuat laporan polisi model A, yaitu laporan polisi yang didasari hasil penyelidikan sendiri.

"Kemudian terus dilakukan monitoring sampai dengan 2019, yang masih melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Dan 2019 dilakukan pembuatan laporan polisi oleh penyidik," ujar Himawan.

Himawan menuturkan monitoring terhaap akun media sosial Ali berlanjut hingga 2020. Pada Februari kemarin, Himawan menerangkan ada laporan polisi yang dibuat seorang warga di Polda Jawa Barat (Jabar) terkait media sosial Ali Baharsyah.

"Dan ternyata ini berlanjut sampai 2020 bulan dua (Februari-red), itu ada laporan dari seseorang di Polda Jabar tentang tersangka. Dan 2020 pada April juga dilaporkan di Bareskrim Polri terkait kegiatan tersangka," jelas Himawan.

Selanjutnya
Halaman
1 2