Pasien Pertama di Bekasi Sembuh dari Corona, Begini Kisahnya

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 14:38 WIB
Pasien sembuh Corona di Bekasi
Pasien sembuh Corona di Bekasi (Foto: Istimewa)
Bekasi -

Pasien Corona (COVID-19) pertama di Kota Bekasi dinyatakan sembuh. Ia adalah seorang pebisnis manufaktur engineering bernama Arif Rahman Hakim (42).

Arif bercerita, dia mulai demam setelah melakukan perjalanan bisnis ke berbagai kota di Pulau Jawa, dari Bogor, Surabaya, Sidoarjo, Bandung, Ciamis, sampai Garut, pada Minggu (8/3). Keesokan harinya, ia berobat ke Rumah Sakit Mitra Keluarga, Bekasi Timur.

Setelah berobat, kondisi kesehatan Arif terus memburuk. Ia batuk tak henti-hentinya dan mulutnya terasa kering. Arif memutuskan kembali memeriksakan kondisi tubuhnya di RS Mitra Keluarga.

"Selasa (10/3) malam saya masuk IGD Mitra timur, saya masuk jam 08.00 WIB malam, diobservasi jam 01.00 WIB malam. Ternyata paru-paru saya rusak, udah diserang, sudah nggak mampu bernapas saya," ujar Arif lewat sambungan telepon kepada detikcom, Senin (6/4/2020).

Setelah dua malam dirawat di IGD, Arif direkomendasikan masuk ICU (Intensive Care Unit). Terdapat 4 dokter dan sejumlah perawat yang melayaninya.

Saat itu ia tak mengetahui apakah dirinya positif atau negatif Corona. Namun Arif semakin curiga, karena petugas yang melayaninya menggunakan APD lengkap. Karena tak ingin dipengaruhi pikiran negatif, Arif meminta dokter memberi tahu segala informasi terbaru soal kesehatannya kepada istri dan keluarganya, bukan kepadanya.

"Mulut kering dan makan itu sakit, kayak makan pasir padahal makan nasi. Itu (saya) nggak bisa tidur, karena harus duduk, karena kalau tidur saya nggak bisa napas, hampir nggak bisa tidur saya di sana," kata Arif.

Selanjutnya
Halaman
1 2