Berlakukan Wajib Masker, Walkot Padang: Pelanggar Didenda 2 Masker

Sulthan Jeka Kampai - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 13:26 WIB
masker
Ilustrasi penggunaan masker. (Shutterstock)
Padang -

Pemerintah Kota (Pemkot) Padang mewajibkan penggunaan masker bagi setiap warga yang keluar rumah. Pelanggar aturan akan didenda dengan dua buah masker.

Sanksi ini tercantum dalam Instruksi Wali Kota Padang bernomor 870.176/BPBD-Pdg/IV/2020. Sanksi dua masker itu diperuntukkan satu bagi pelanggar, sementara satu masker lagi akan diserahkan kepada warga yang belum punya masker.

"Kita sudah terbitkan instruksi. Mulai 6 April 2020 ini, seluruh masyarakat ketika beraktivitas atau berada di luar rumah untuk kepentingan mendesak, seperti membeli bahan pangan dan berobat, wajib menggunakan masker," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah kepada wartawan, Senin (6/4/2020).

"Bagi yang keluar rumah tanpa mengenakan masker akan didenda. Dua masker. Satu untuk yang bersangkutan, satu lagi diserahkan kepada warga yang belum punya," tambah dia.

Mahyeldi mengatakan Instruksi Wali Kota Padang ini dibuat semata-mata dimaksudkan untuk mencegah penularan COVID-19.

Masyarakat yang berasal dari luar daerah yang akan memasuki Kota Padang juga diharuskan untuk memakai masker dan menjaga jarak aman selama berada di kendaraan.

"Masyarakat diminta memakai masker yang terbuat dari kain, minimal dua lapis dan dapat dicuci. Hal ini untuk menghindari kelangkaan masker yang banyak digunakan oleh tenaga medis," tambah Mahyeldi.

Jokowi: Keluar Rumah Wajib Pakai Masker!:

(jbr/jbr)