Paparkan 10 Negara Kasus Tertinggi Corona, Jokowi: Perlu Disampaikan Terus

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 10:07 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara soal angka kasus Corona di berbagai negara. Jokowi kemudian memaparkan soal data kasus tertinggi virus Corona di 10 negara.

"Berkaitan berita mengenai yang terjadi di negara lain, ini juga perlu disampaikan kepada publik biar publik juga memiliki sebuah wawasan, bahwa sekarang sudah 207 negara yang terdampak. Mestinya ada yang menyampaikan mungkin tidak dari kita, tapi ini perlu disampaikan mengenai 10 negara dengan kasus tertinggi," kata Jokowi dalam ratas yang disiarkan langsung lewat akun YouTube, Senin (6/4/2020).

Adapun 10 negara dengan kasus tertinggi yang disebut Jokowi antara lain Amerika Serikat, Italia, dan Swiss.

"Misalnya di Amerika Serikat sekarang sudah 305 ribu, Italia 119 ribu, Spanyol 117 ribu, Jerman 85 ribu, RRT 82 ribu, Prancis 63 ribu, Iran 53 ribu, Inggris 38 ribu, Turki 20 ribu, Swiss 19 ribu," ujar Jokowi.

Untuk itu, dia mengatakan, wabah Corona tidak hanya menerpa Indonesia, melainkan di 2017 negara. Dan, kasus tertinggi ada di 10 negara yang disebutkan Jokowi.

Jokowi mengatakan kasus Corona di berbagai negara harus terus disampaikan. Namun Jokowi menyebut seharusnya bukan pemerintah Indonesia yang menyampaikan.

"Ini mungkin perlu atau setiap hari atau setiap puluh hari harus ada yang menyampaikan tetapi sekali lagi bukan dari kita," kata Jokowi.

Pemerintah : Isolasi Tak Dimaknai Mengasingkan Diri:

(idn/hri)