Cara Babeh Wily Antar Barang Warung ke Pelanggan di Tengah Corona

Nurcholis Maarif - detikNews
Minggu, 05 Apr 2020 11:52 WIB
Grabdaily
Foto: dok grab
Jakarta -

Babeh Wily atau Bawil harus memutar otak untuk tetap memiliki penghasilan dari warungnya di tengah kondisi masyarakat yang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Sebagai mitra yang sudah dua tahun bergabung dengan GrabKios, ia menemukan tips dari aplikasi tersebut.

"Sekarang nih kan orang-orang lagi pada di rumah aja, Babeh muter otak, gimana caranya kita di rumah aja, tapi penghasilan tetap ada. Akhirnya babeh lihat-lihat di aplikasi, di situ ada tipsnya," ujar Bawil dalam Wara-Wiri Warung, dikutip dari YouTube GrabKios, Minggu (5/4/2020).

Babeh Wily mengatakan langkah pertama yang ia lakukan ialah menyebarkan info dagangannya lewat Whatsapp pelangganya. Ia juga tak lupa untuk selalu update status Whatsapp terkait layanan antar barang dagangan dari warungnya tersebut.

"Namun, ada syaratnya, minimal belanja Rp 50 ribu. Pas nganter, babeh juga nggak lupa pakai masker, juga bawa antiseptik, terus menghindari keramaian juga," ujar Babeh Wily,

"Ya babeh juga ga berani tuh ketemu pelanggannya, Kalau rumahnya ada pagarnya, babeh taruh tuh (barang pesanan) di pagarnya. Kalau ga ada pagar, ditaruh di teras atau depan pintunya," jelasnya.

Setelah mengantar barang, Babeh Wily mengatakan biasanya langsung ke sumur untuk mencuci pakaian. "Yah meskipun cuma antar di kampung-kampung sini doang, insyaAllah kalau kita lakukan itu semua, amanlah kita," ujarnya.

Dalam acara yang sama, Babeh Wily juga diajari untuk menggunakan layanan GrabExpress dalam mengirim barang dari warungnya. Hal ini untuk meminimalisir ia menutup warung saat mengantar ke pelanggan.

Ada beberapa keuntungan saat menggunakan GrabExpress di antaranya bisa kirim barang 10 kali dalam waktu bersamaan, bisa mengirim ke 5 alamat dalam waktu yang bersamaan, ada tanda bukti pengiriman, dan kesehatan yang terjamin.

(ads/ads)