Round-Up

Dakwaan Penyuap Wahyu Setiawan Menembak ke Mana-mana

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 09:39 WIB
Wahyu Setiawan
Potret mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan usai menjalani pemeriksaan di KPK (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta -

Pada akhirnya kasus yang sempat menghebohkan dunia penegakan hukum serta perpolitikan Indonesia tergelar pula di meja hijau. Adalah kasus dugaan suap yang melibatkan mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan yang salah satu tersangka penyuapnya telah duduk di kursi pesakitan.

Saeful Bahri namanya. Dia--seperti disebutkan dalam surat dakwaan--bekerja sebagai seorang wiraswasta. Namun ada keterangan lain mengenai pekerjaannya yaitu anggota kader PDIP.

Persidangan Saeful digelar di tengah pandemi virus corona terbaru (COVID-19). Oleh karenanya persidangan digelar semi-virtual. Jaksa KPK tetap datang ke Pengadilan Tipikor Jakarta, sementara Saeful berada di sel tahanan menyaksikan secara telekonferensi.

Saeful sebenarnya tidak sendiri sebagai orang yang diduga memberikan suap ke Wahyu. Ada seorang lagi yaitu Harun Masiku yang merupakan mantan calon anggota legislatif (caleg) PDIP yang hingga detik ini keberadaannya seolah hilang ditelan bumi.

Dakwaan Penyuap Wahyu Setiawan Menembak ke Mana-manaSaeful Bahri (Foto: Ari Saputra/detikcom)

Dalam surat dakwaan itu disebutkan bila Saeful dan Harun memberikan suap ke Wahyu dan seorang lagi bernama Agustiani Tio Fridelina. Kepentingannya berkaitan dengan pergantian antar-waktu atau PAW dari seorang caleg DPR terpilih PDIP yaitu Nazarudin Kiemas yang meninggal dunia.

Namun rupanya surat dakwaan KPK itu menyebutkan sejumlah nama para pesohor. Siapa saja mereka?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5