Peserta Ijtima Dunia Gowa Mulai Lapor Kondisi Kesehatan ke Dinkes Kaltim

Suriyatman - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 00:40 WIB
ijtima ulama zona dunia
Foto: Peserta Ijtima Dunia tiba di Bandara Sultan Hasanuddin (Mohammad Qadri/detikcom)

Begitu juga dengan jumlah orang dalam pemantauan (ODP), yang meningkat hingga 221 kasus. Total ODP yang ditangani mencapai 3.544 orang, di mana 1.194 orang sudah selesai pemantauan dan 1.571 orang masih dalam proses.

"Tambahan satu kasus negatif hari ini adalah pasien yang sempat dirawat di RS Tentara Balikpapan pada 29 Maret lalu. Korban sempat dinyatakan positif di media sosial, namun setelah hasil lab keluar, yang bersangkutan dinyatakan negatif. Pasien telah meninggal dunia pada Rabu (1/4/2020) kemarin," kata Andi.

Andi kemudian kembali mengingatkan kepada para peserta Ijtima Dunia di Gowa untuk segera melaporkan diri ke hotline 112 atau fasilitas kesehatan terdekat. Hal ini untuk mencegah penyebaran Corona semakin meluas.

"Mereka (yang dinyatakan positif Corona-red) ini terlihat sehat, namun yang bersangkutan berpotensi besar terjangkit virus asal Wuhan tersebut. Mereka tanpa ada gejala, tapi pernah kontak erat dengan orang yang positif COVID-19. Seperti ODP, namun OTG (orang tanpa gejala), tidak memiliki gejala medis," jelas dia.


(aud/aud)