Pemulangan TKI dari Malaysia Melalui Riau Mencapai 4.444 Orang

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 23:33 WIB
Tenaga Kerja Asing
Ilustrasi tenaga kerja Indonesia (Foto: Fuad Hasim)
Pekanbaru -

Pemulangan TKI dari Malaysia melalui Riau hari ini sebanyak 52 orang. Dalam sepuluh hari terakhir, jumlah TKI dari Malaysia yang pulang ke Indonesia melalui Riau mencapai 4.444 orang.

"Har ini ada 52 TKI pulang dari Malaysia tujuan Kabupaten Bengkalis. Mereka sebelumnya transit di Tanjungbalai Karimun di Kepri," kata Kepala Kominfo Riau, Chairul Riski kepada detikcom, Rabu (1/4/2020).

Riski menjelaskan, kepulangan TKI ini telah dilakukan pengecekan kesehatan. Sebanyak 52 orang hari ini belum teridentifikasi Covid-19.

"Mereka diminta mengisolasi mandiri untuk tetap di rumah. Untuk kebaikan bersama mereka diharapkan mematuhi imbauan pemerintah," kata Riski.

Data yang diterima Pemprov Riau, kata Riski, pemulangan TKI terhitung sejak 23 Maret hingga 1 April jumlahnya sudah cukup banyak. TKI yang dipulangkan lewat Kabupaten Bengkalis sebanyak 1.348 orang.

Selanjutnya, pemulangan TKI lewat Kabupaten Meranti sebanyak 2.765 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 2.117 berasal dari Meranti. Sisanya 506 dari sejumlah provinsi lainnya yang sudah dipulangkan.

Pemulangan lewat Kota Dumai, lanjut Riski, sebanyak 331 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 315 dikembalikan ke daerah asal sisanya 6 TKI warga Dumai.

"Total semua TKI pemulangan lewat Riau sebanyak 4.444 orang. Dan diperkirakan pemulangan masih akan berlanjut," tutup Riski.

(cha/zak)