Jokowi Digugat Pedagang UMKM Rp 10 Miliar, Ngabalin: Minta Sana Sama Corona

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 23:29 WIB
Ali Mochtar Ngabalin
Ali Mochtar Ngabalin (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) digugat membayar ganti rugi sebesar Rp 10 miliar ke enam pedagang UMKM karena dinilai lalai dalam menangani virus Corona (COVID-19). Tenaga Ahli KSP Ali Mochtar Ngabalin merasa aneh dengan gugatan tersebut.

"Memang COVID-19 ini buatan manusia, atau buatan pemerintah, atau buatan siapa? Kalau dia anggap bahwa itu merugikan dagangannya, ya minta sana sama Corona kalau begitu, kan Corona yang merugikan dia, kalau dia menganggap bahwa gara-gara Corona, kemudian dia gugat Presiden, logikanya dipakai apa? Apa logikanya?" ujar Ali Mochtar Ngabalin saat dihubungi, Rabu (1/4/2020).

Ngabalin menjelaskan, pemerintah tidak bisa gegabah dalam mengambil suatu kebijakan. Dia juga meminta masyarakat tidak selalu menyalahkan pemerintah dan seharusnya memberi dukungan kepada pemerintah dalam menentukan kebijakan.

"Karena kan kalau pemerintah nggak bisa serta-merta dalam membuat masalah kemudian kalau ambil keputusan kan tidak bisa tergesa-gesa, nggak bisa tanpa ada data. Jadi kalau gara-gara Corona kemudian pemerintah disebut lalai ngurusin Corona dia musti kasih tau tingkat lalai kayak gimana, karena dalam posisi sekarang nggak bisa lagi orang saling menyalahkan, dan nggak bisa orang benar sendiri kemudian menuduh sana-sini salah," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2