Gubernur Riau Surati Menkes Minta Persetujuan Labkesda Cek Swab Corona

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 22:34 WIB
Bupati Siak Syamsuar
Gubernur Riau, Syamsuar (Chaidir Anwar T/detikcom)
Pekanbaru -

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar tengah mengupayakan agar laboratorium kesehatan daerah (labkesda) mendapat persetujuan pemeriksaan sampel swab pasien dalam pemantauan (PDP) virus Corona (COVID-19). Dalam mengecek swab PDP virus Corona, Pemprov Riau juga akan bekerja sama dengan sejumlah universitas.

"Kami maklumkan kepada masyarakat Riau saat ini kami berusaha agar Labkesda kita dapat persetujuan dari Menteri Kesehatan. Dan ini sebagai langkah maju dalam rangka untuk pengecekan sampel swab yang kita lakukan terhadap warga kita dari Provinsi Riau," kata Syamsuar dalam siaran pers, Rabu (1/3/2020).

Terkait persiapan tersebut, pihaknya bekerja sama dengan fakultas kedokteran Universitas Riau dan mengupayakan bekerja sama dengan Unand di Padang. Di mana kampus Unand saat ini labornya telah mendapat persetujuan dari Menteri Kesehatan untuk melakukan pengecekan swab PDP.

"Kita sedang mengupayakan agar kiranya berkenan Rektor Universitas Andalas Padang yang saat ini labornya juga telah mendapat persetujuan dari Menteri Kesehatan yang boleh melakukan pemeriksaan terhadap pasien yang sekarang tergolong PDP," kata Syamsuar.

Karena itu, Gubri berharap Kampus Unand dan Menteri Kesehatan memberikan persetujuan agar warga Riau juga dapat menjalani pemeriksaan swab corona di Universitas Andalas di Padang.

"Kalau seandainya ini berhasil, tentunya ini sangat membantu kita semua dalam penanganan terhadap pasien yang terinfeksi virus Corona ini," kata Syamsuar.

Dia tetap mengimbau masyarakat agar tetap menjaga jarak dan menjaga kesehatan supaya senantiasa bugar.

"Mari kita berdoa kepada Allah SWT agar Negeri Riau bersama rakyatnya ini senantiasa dilindungi Allah SWT dari segala bala dan musibah," tutup Syamsuar.

(cha/zak)