Komisi VIII DPR: Bantuan di Tengah Wabah Corona Harus Tepat Sasaran

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 22:02 WIB
Tubagus Ace Hasan Syadzily
Ace Hasan Syadzily (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan program bantuan untuk masyarakat lapisan bawah di tengah wabah virus Corona (COVID-19). Komisi VIII DPR RI meminta agar pembagian tersebut harus sesuai dengan sasaran dan tidak memakai antrean.

"Penerima program perlindungan sosial, seperti PKH, Kartu Sembako, dan Kartu Pra-Kerja, haruslah tepat sasaran kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan," kata Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily, dalam keterangannya, Rabu (1/4/2020).

Selain itu, agar tepat sasaran, Ace meminta data penerima program bantuan harus valid dan diperbarui. Hal ini penting agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial dalam masyarakat.

Ace meminta pembagian bantuan program bantuan tersebut tidak dilaksanakan dengan antrean yang panjang. Sebab, jika tidak, masyarakat tidak dapat menerapkan social distancing.

"Pola distribusi program perlindungan sosial ini jangan menimbulkan masalah baru, misalnya pembagiannya menimbulkan kerumunan dan antrean yang bertolak belakang dengan upaya physical distancing (jaga jarak fisik)," kata Ace.

"Cara-cara konvensional seperti pengiriman uang secara fisik harus dihindari. Bukankah pembagian uang secara tunai atau cash berpotensi juga menjadi persebaran COVID-19 ini," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2