Positif Corona Terus Tambah, Kaltim Usul ke Pusat Terapkan Karantina Wilayah

Suriyatman - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 20:44 WIB
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi M Ishak (Suriyatman/detikcom)
Foto: Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi M Ishak (Suriyatman/detikcom)
Samarinda -

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur (Kaltim), Andi M Ishak, mengatakan pihaknya telah mengusulkan diberlakukan karantina wilayah untuk menekan penyebaran virus Corona (COVID-19). Ada beberapa pertimbangan sehingga Kaltim ingin memberlakukan karantina wilayah.

Dia melihat ada peningkatan penularan di Kota Balikpapan. Berdasarkan hasil penelusuran, tiga pasien positif terbaru berasal dari beberapa klaster yang sudah sempat diidentifikasi.

"Berdasarkan hasil pengecekan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, 3 pasien ini tidak termasuk dalam beberapa klaster yang pernah kita bahas kemarin. Dua di antaranya baru saja melakukan perjalanan dari Semarang dan Lampung, sementara yang satu masih dilakukan tracing contact," kata Andi di kantornya Selasa (31/3/2020).

Dengan penambahan 3 kasus, sehingga jumlah pasien positif Corona di Kaltim berjumlah 20 kasus. Ketiga pasien tersebut saat ini di rawat di RSU Kanujoso Balikpapan.

Andi mengatakan saat ini Balikpapan menjadi daerah yang paling rawan karena sudah terjadi penularan lokal. Menurutnya, karantina wilayah diperlukan untuk menangani para pasien atau orang yang berpotensi menyebarkan virus itu ke wilayah Kaltim lainnya. Di Balikpapan saat ini ada 32 orang yang berstatus PDP dan ada 1.152 orang yang masuk dalam ODP.

Selanjutnya
Halaman
1 2