Kemendikbud soal Kendala Belajar di Rumah: Materi Ajar-Rumah Tak Kondusif

Rahel Narda C - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 19:58 WIB
Belajar Online
Ilustrasi Belajar Online (Huawei)
Jakarta -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkapkan beberapa keluhan guru selama kegiatan belajar-mengajar dilakukan di rumah saat pandemi virus Corona (COVID-19). Menurut laporan Kemendikbud, beberapa guru mengalami kendala keterbatasan sarana hingga tidak ada contoh praktis pembelajaran jarak jauh.

"Ada 3 area pokok yang sering diperdebatkan atau dikeluhkan guru. Pertama adalah bagaimana guru bisa merancang sebuah program pembelajaran yang baik. Yang kedua, kalau rancangan yang sudah ada, maka aspek materi atau kontennya seperti apa," kata Direktur GTK Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Praptono, dalam konferensi videonya, Selasa (31/3/2020).

"Dan ternyata memang guru itu tidak cukup dengan rancangan dan konten tapi masih banyak kita dapati guru kita itu membutuhkan contoh-contoh baik, contoh-contoh yang praktis," sambungnya.

Lebih lanjut Praptono menjelaskan beberapa persoalan lain yang menghambat guru dalam melakukan kegiatan belajar dari rumah. Menurutnya, banyak guru masih berfokus menuntaskan isi kurikulum.

"Persoalan mindset dari para guru ini masih bahwa harus menuntaskan isi kurikulum. Itu yang menyebabkan kemudian penugasan-penugasan yang diberikan kepada peserta didik ini menjadi sangat... yang tampaknya adalah anak-anak menjadi kelelahan dan motivasinya dalam perjalanan dua minggu terakhir ini menjadi semakin menurun anak-anak itu untuk belajar di rumah," ujar Praptono.

Praptono juga mendengar adanya keluhan guru terkait kondisi rumah siswa yang tidak kondusif untuk melakukan pembelajaran online.

Selanjutnya
Halaman
1 2