Pernyataan Lengkap Anies soal Belanja Bisa dari Rumah Saat Wabah Corona

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 18:49 WIB
anies baswedan
Anies Baswedan (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, di tengah wabah virus Corona (COVID-19), masyarakat di Ibu Kota dapat berbelanja kebutuhan pokok dari rumah masing-masing. Anies mengatakan masyarakat tidak perlu repot harus ke pasar untuk membeli kebutuhan.

"Salah satu tantangan utama ketika tinggal di rumah, kemudian harus memenuhi kebutuhan adalah mekanisme mendapatkannya, distribusi. Bersama saya Direktur Perumda Pasar Jaya (Arief Nasrudin), kita buat program. Insyaallah masyarakat bisa memanfaatkannya untuk berbelanja secara jarak jauh sehingga masyarakat Jakarta bisa membeli kebutuhannya di pasar dengan secara langsung menelepon setiap pedagang yang ada di pasar itu," ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (31/3/2020).

Masyarakat bisa mengetahui nomor telepon pedagang dengan mengecek Instagram Perumda Pasar Jaya. Menurut Anies, pelanggan bisa menghubungi dan melakukan proses tawar-menawar sampai membeli.

"Telepon pedagangnya dan lalu membeli, nanti akan dikirim menggunakan jasa pengantaran ojek online, dan pengantarannya pun sudah bekerja sama dengan Pasar Jaya," ucap Anies.

Sudah banyak pasar yang menggunakan sistem tersebut sehingga masyarakat Jakarta bisa memilih pasar yang paling dekat dengan rumahnya.

"Ini dilakukan untuk lebih dari 50 pasar di Jakarta. Kebutuhan pokok warga Jakarta bisa dipenuhi tapa berpergian, cukup dengan hubungi pedagang secara langsung. Pedagang juga makin hari makin bertambah yang terdaftar," kata Anies.

Selain itu, Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengimbau pedagang agar memastikan nomor yang terdaftar bisa dihubungi sehingga bisa mempermudah transaksi jual-beli.

"Di sana terdapat nomor handphone pedagang, sehingga pelanggan sudah bisa mengakses. Ada beberapa nomor pedagang yang saat ini kita lakukan filter, ada yang kadang tidak aktif, kebanyakan sudah sampaikan kepada pedagang agar pastikan handphone tetap standby," ujar Arief saat konferensi pers menemani Anies.

Selanjutnya
Halaman
1 2