Tak Terima Dicerai UAS, Mellya Minta Keadilan ke MA

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 09:25 WIB
Ustaz Abdul Somad (UAS) meninggalkan gedung KPK. Ia mengatakan kehadirannya untuk mengisi tausiyah tentang penguatan mental di tubuh lembaga antirasuah itu.
Ustaz Abdul Somad (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Permohonan banding Mellya Juniarti ditolak Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Pekanbaru. Mellya pun melayangkan kasasi mencari keadilan hingga ke tingkat Mahkamah Agung (MA) agar tidak jadi cerai dengan Ustaz Abdul Somad Batubara atau yang populer disebut UAS.

Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Agama (PA) Bangkinang yang dikutip detikcom, Selasa (31/3/2020), permohonan kasasi Mellya dilayangkan pada 17 Maret 2020. Adapun berkas memori kasasi diterima PA Bangkinang pada Senin (30/3).

Sebagaimana diketahui, UAS menikahi Mellya pada 2016. Dari pernikahan itu, keduanya dikaruniai seorang anak.

Rumah tangga keduanya belakangan diterpa masalah. Pada pengujung 2019, Pengadilan Agama (PA) Bangkinang menceraikan keduanya.

Perceraian itu dikuatkan oleh PTA Pekanbaru dengan menyatakan kondisi rumah tangga Mellya-UAS sudah sedemikian rupa sehingga sangat sulit untuk dapat dipertahankan. Karena itu, perceraian Mellya-UAS tersebut dapat dinilai telah memenuhi ketentuan Pasal 39 ayat (2) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan juncto Pasal 19 huruf (f) Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 dan Pasal 116 huruf (f) Kompilasi Hukum Islam.

"Dengan demikian, permohonan perceraian pemohon tersebut dapat dikabulkan," ujar majelis dengan ketua Endang Muchlish dengan anggota Rusdi dan Lisdar.

Selanjutnya
Halaman
1 2