Tetap Buka, Ini Jadwal Operasional Transmart Carrefour se-Indonesia

Gustia Martha Putri - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 20:19 WIB
Transmart Carrefour
Foto: Dok. Transmart Carrefour
Jakarta -

Dalam situasi pandemi virus Corona (Covid-19) yang meresahkan saat ini, PT Trans Retail Indonesia selaku pemilik ritel dengan brand Transmart dan Carrefour berkomitmen untuk tetap membuka 132 gerainya yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Sebanyak 132 gerai yang kami miliki di tiap wilayah Indonesia tetap buka. Hal ini untuk membantu masyarakat agar tidak mengalami kepanikan dalam memenuhi kebutuhan harian," ujar Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia Satria Hamid, dalam keterangan tertulis, Senin (30/3/2020).

Satria menjelaskan, bahwa jam operasional tiap toko berbeda, hal ini berdasarkan kebijakan dari tiap pengelola gedung yang ada di wilayahnya masing-masing.

"Untuk gerai Transmart dan Carrefour yang berada di gedungnya sendiri, rata-rata memiliki jam operasionalnya dimulai dari 9 pagi hingga jam 9 malam. Sedangkan yang berada di dalam di sebuah mall, rata-rata buka mulai jam 10 pagi hingga jam 8 malam. Jam operasional menjadi sedikit berkurang karena tim kami saat ini memerlukan waktu lebih untuk mempersiapkan stok dan memastikan higienitas toko dan produk-produk yang dijual," jelas Satria.

Menurut Satria, sebagai korporasi besar, PT Trans Retail Indonesia tak begitu saja membuka seluruh gerainya. Namun ada prosedur untuk tetap menjaga dan memerhatikan kesehatan karyawan dan pelanggannya.

"Kami hanya memberikan izin bekerja pada karyawan yang sedang dalam kondisi sehat, segar, dan bugar. Setiap pagi, kami lakukan pengecekan suhu. Bila terdeteksi sedang memiliki suhu di atas suhu normal (> 37,5 °C) atau demam, karyawan akan segera diperiksa tim medis yang selalu standby dan memberi waktu untuk beristirahat di rumah," jelas Satria.

Satria menambahkan, masih banyak lagi prosedural yang dilakukan perusahaan dalam rangka menjaga kesehatan karyawan yang bekerja.

"Sebelum memasuki area bekerja, seluruh karyawan sudah dipastikan untuk mencuci tangan terlebih dulu serta menggunakan hand sanitizer bila sedang berada di area bekerja yang jauh dari wastafel. Beberapa karyawan yang bertugas berhadapan langsung dengan customer, selain menggunakan masker mereka pun menggunakan sarung tangan plastik guna meminimalisir transfer kuman dan bakteri saat kontak dengan pelanggan atau sesama karyawan lainnya. Tak lupa, kami terus ingatkan agar mereka menjaga jarak saat sedang bekerja minimal 2 meter," jelas Satria.

Tak hanya prosedural untuk karyawan, demi keamanan dan kenyaman pelanggan saat belanja di tengah pandemi virus corona saat ini, Transmart Carrefour juga menerapkan beberapa prosedural untuk pelanggan.

"Untuk pelanggan kami lakukan cek suhu juga saat masuk belanja, bila demam di atas suhu normal kami anjurkan ke tim medis yang kami sediakan. Lalu, pada area kasir kami beri jarak untuk garis antrean per 1 meter, tiap pelanggan. Lalu dipasangkan juga shield protector yang terbuat dari mika pada meja kasier. Sehingga pelanggan dapat merasa lebih aman dan nyaman saat melakukan pembayaran," pungkas Satria.

Sebagai informasi, selain tetap membuka seluruh gerainya Transmart Carrefour juga tetap memberikan beragam promo. Cek promo kebutuhan harian yang sedang berlangsung saat di sini, promo aneka produk segar (daging, buah dan sayuran) di sini, dan untuk yang berada di area Jabodetabek bisa memanfaatkan promo belanja lebih murah dengan menggunakan e-Catalogue Transmart hanya dengan menunjukkan barcode di sini.

(ads/ads)