Anggota DPR Minta Realokasi APBN untuk Penanganan Corona Disegerakan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 16:17 WIB
Pembangunan gedung baru untuk DPR RI menuai kritikan berbagai pihak walaupun Ketua DPR Setya Novanto menyebut Presiden Jokowi telah setuju pembangunan tersebut. Tetapi Presiden Jokowi belum teken Perpres tentang pembangunan Gedung DPR. Lamhot Aritonang/detikcom.
Gedung MPR/DPR (Foto: Lamhot Aritonang)

Tak hanya itu, anggota DPR dari Fraksi Partai NasDem Saan Mustopa juga mengusulkan adanya pemotongan gaji anggota DPR untuk penanganan Corona. Pihaknya juga mendukung realokasi APBN.

"Kami usul nanti pimpinan inisiasi pemotongan gaji lah bagi anggota DPR per bulan April ini. Ini penting sebagai bentuk kepedulian kita di DPR," tutur Saan.

"Terkait relokasi anggaran ini juga menjadi hal penting bagaimana relokasi anggaran dalam hal ini pemerintah dan Presiden mengalokasikan anggaran-anggaran yang dianggap tidak terlalu penting khusus untuk menangani terkait dengan COVID-19," imbuhnya.

Tak hanya itu, anggota DPR dari Fraksi PKB Cucun A Syamsurizal juga mengusulkan pemotongan gaji anggota DPR. Ia ingin dana itu digunakan untuk konstituen anggota di daerah pemilihan masing-masing.

"Mengenai tadi bagaimana bentuk kita sebagai anggota DPR sepakat Fraksi PKB juga untuk menyampaikan sebagian gajinya untuk dialokasikan bagaimana DPR juga bisa melakukan sosial safety nett bagi konstituen sendiri di dapil-dapilnya maupun kepada masyarakat yang terkena dampak COVID ini," kata Cucun.

Halaman

(azr/zak)