KPK Terkendala Jaringan saat Sidang Kasus Korupsi via Telekonferensi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 15:59 WIB
Ali Fikri
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta mulai menggelar sidang melalui video conference atau telekonferensi di tengah wabah virus Corona (COVID-19). KPK mengaku mengalami kendala jaringan internet dan audio ketika sidang dilakukan dengan telekonferensi.

"Kendala yang dihadapi masalah jaringan dan audio. Namun sedang diupayakan perbaikan," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (30/3/2020).

Namun, Ali mengaku hal itu tidak mengganggu proses persidangan. Sebab, Ali menjelaskan persidangan yang menggunakan telekonferensi hanya sidang pembacaan dakwaan, tuntutan dan putusan.

"Karena di awal persidangan via vicon ini dilakukan terhadap beberapa agenda persidangan pembacaan dakwaan, tuntutan, putusan dan pembelaan.
Untuk persidangan ke depan ketika pemeriksaan saksi-saksi sudah dilakukan antisipasi terhadap kendala tersebut," ujarnya.

Ali menyebut persidangan secara telekonferensi juga sudah dilakukan di sejumlah Pengadilan Tipikor di daerah seperti, Surabaya, Bandung dan Lampung. Ali berharap dengan sidang melalui telekonferensi ini perkara tipikor yang ditangani KPK bisa tuntas sesuai dengan ketentuan Undang-Undang.

"Harapannya dengan persidangan melalui vicon ini, perkara akan dapat diselesaikan sesuai ketentuan UU," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengelar sidang kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) melalui video conference atau telekonferensi. Sidang melalui telekonferensi itu dimulai hari ini.

"Iya betul (sidang melalui telekonferensi)," kata Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Yatno, saat dihubungi detikcom.

(ibh/dhn)