Demokrat: Tuntaskan PP Karantina Wilayah, Apa Pun Namanya Segera Lockdown

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 08:01 WIB
Semakin mewabahnya virus corona pembuat perusahaan dan PNS di Jakarta bekerja di rumah (WFH). Jakarta pun kini semakin sepi.
ilustrasi jalan Jakarta. (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Anggota Komisi V dari Fraksi Partai Demokrat (PD) Irwan mendorong Presiden Jokowi untuk segera menerapkan kebijakan karantina wilayah. Dia meminta peraturan pemerintah (PP) yang sedang disiapkan segera dirampungkan.

"Membaca keterangan Pak Mahfud bahwa pemerintah sedang mempersiapkan Peraturan Pemerintah terkait karantina wilayah. Jika akhirnya dilakukan juga, mengapa tidak sedari awal sebelum korban jiwa berjatuhan. Tentu sudah terlambat, tetapi bukan berarti tidak harus. Segera tuntaskan peraturan pemerintahnya, kemudian apapun namanya itu segera, lockdown," kata Irwan, dalam keterangannya, Minggu (29/3/2020).

Irwan menilai, pemerintah saat ini melalui Gugus Tugas gagap dalam menangani virus Corona di Indonesia. Apalagi, lanjut dia, pasien positif COVID-19 terus bertambah. Belum lagi persentase korban jiwa juta tinggi.

Dia menanggap pemerintah sejak awal tidak fokus dalam menghadapi wabah Corona. "Terlihat dari penetapan pemerintah terhadap Corona ini menggunakan UU no 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana. Bukan UU no 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan di mana diatur tentang Karantina Wilayah atau lockdown," ujarnya.

"Tentu rakyat wajar menduga dari awal pemerintah lebih memperhitungkan dampak ekonomi dibanding keselamatan warga. Jika menggunakan UU Kekarantinaan Kesehatan maka selama dalam Karantina Wilayah, kebutuhan hidup dasar orang dan makanan hewan ternak yang berada di wilayah karantina menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat. Dan ini yang dihindari pemerintah," paparnya.

Tonton Blak-blakan 3 Musuh Besar Penanganan Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3