Cegah Corona, TNI-Polri Bubarkan Kerumunan Warga di Pasar Burung Mataram

Faruk - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 17:47 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Mataram -

Petugas gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP membubarkan aktivitas warga yang berkerumun di Pasar Burung, Cakranegara, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Aksi petugas ini sempat diwarnai cekcok antara pedagang-pembeli dan aparat.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto mengatakan, meski kecewa, pedagang akhirnya menerima setelah diberi pemahaman oleh petugas akan bahaya COVID-19 yang dapat menular kepada setiap orang yang melakukan kegiatan secara kelompok.

"Selain penyemprotan, kita juga menghimbau warga untuk membubarkan diri karena tidak boleh adanya kerumunan yang bisa mempercepat penyebaran virus," kata Artanto kepada detikcom, Minggu (29/3/2020).

Aparat juga menyemprotkan disinfektan di pasar. Setelah itu, petugas memberikan edukasi kepada warga tentang pentingnya menjaga kesehatan untuk memutuskan rantai penyebaran virus Corona.

"Kita juga mengimbau kepada para pedagang untuk selalu menjaga kesehatan, kebersihan lingkungan, dan kesehatan hewan yang mereka jual. Tetap berada di rumah, hindari kerumunan dan jangan menyebar berita hoax," tegasnya.

(zap/zap)