Wawalkot Dedie Ungkap Skenario Lockdown di Bogor Ikuti DKI Jakarta

Sachril Agustin - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 16:37 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim
Foto: Farhan/detikcom
Jakarta -

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyebut saat ini Bogor belum akan menerapkan lockdown. Lockdown di Bogor disebut tak akan berguna bila DKI Jakarta juga tidak melakukan karantina wilayah.

"Jadi tidak ada artinya kalau DKI kemudian tidak melakukan pembatasan-pembatasan yang signifikan, kemudian Kota Bogor dan Kabupaten Bogor melakukan lockdown," kata Dedie dalam keterangan tertulis, Minggu (29/3/2020).



Dedie menjelaskan DKI Jakarta adalah episentrum penyebaran COVID-19. Ketergantungan dan interkoneksi antara warga Bogor dan DKI Jakarta, lanjutnya, juga sangat tinggi.

Dedie menambahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sepakat melakukan pembatasan wilayah. Namun hal ini akan dilakukan bila DKI Jakarta terlebih dahulu melakukan lockdown.

"Jadi sama seperti ibu bupati (Ade Yasin) kita sepakat, episentrumnya dulu diberesin, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor akan menyesuaikan," tuturnya.

"Jadi artinya semua langkah, ini harus satu terpadu semuanya dan harus betul-betul kita koordinasikan dengan baik," sambungnya.

Tonton juga 'Jawaban Anies soal Apakah DKI Akan Lakukan Karantina Wilayah':

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/dwia)