Kemenag Siap Sulap 16 Asrama Haji Jadi RS Darurat Corona

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 09:11 WIB
Zainut Tauhid
Wamenag Zainut Tauhid (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan 16 asrama haji yang tersebar di seluruh Indonesia bila dibutuhkan sebagai rumah sakit (RS) darurat Corona. Saat ini Kemenag terus berkomunikasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 terkait teknis penggunaan RS darurat tersebut.

"Ada 16 yang tersebar di berbagai provinsi. Prinsipnya Kemenag siap mem-back-up kebutuhan RS darurat dalam menghadapi wabah virus Corona dengan menyediakan asrama haji," ujar Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid saat dihubungi, Sabtu (28/3/2020).

Zainut mengatakan asrama haji tersebut akan disesuaikan dengan daerah yang membutuhkan. Zainut mengatakan Kemenag akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan hingga kepala daerah.

"Tentunya dalam hal ini sesuai dengan kebutuhan daerah dan teknisnya tetap harus dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Penanggulangan Virus COVID-19 Daerah dan pemda setempat," kata dia.

Zainut mengatakan RS darurat itu nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing. Dia menyebut asrama haji yang akan disulap menjadi RS darurat itu tersebar di berbagai daerah.

"Pertama kan harus melihat dari kebutuhan daerah, lokasi asrama haji yang dimiliki Kemenag tersebar diberbagai daerah. Sangat kondisional sekali tergantung kebutuhan daerah masing-masing," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2