Gempa M 5,8 di Sigi Sulteng Terasa Hingga Palu, Warga Sempat Lari Keluar Rumah

Mohammad Qadri - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 01:59 WIB
Ilustrasi gempa
Foto: Ilustrasi/AFP
Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Palu menyebutkan bahwa gempa yang terjadi di sejumlah titik di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), tepat berada di Sesar Palu Koro segmen Moa. BMKG menyebut gempa terjadi sebanyak 15 kali.

"Saat ini gempa sementara berlangsung, sejak pukul 23.44 WITA sampai sekarang pukul 01.05WITA, sudah terjadi sebanyak 15 kali gempa. Gempa ini terjadi tepat digaris Sesar Palu Koro segmen Moa dan disekitar sesar tersebut," kata Kepala BMKG Palu Cahyo Nugroho saat dihubungi pada Minggu (28/3/2020) pukul 01.00 WITA.

Menurut Cahyo, gempa pertama bermagnitudo 5,8 pukul 22.43 WITA, yang mana titik gempa terjadi di Desa Moa, Kabupaten Sigi. Belum ada laporan kerusakan terkait gempa tersebut.

"Gempa pertama cukup kuat dan terasa hingga di Tolitoli dan Morowali. Kami minta warga agar tidak panik namun tetap waspada, karena gempa masih terus berlangsung," tuturnya.

Menurut Cahyo, segmen Moa merupakan segmen terakhir dari beberapa segmen Sesar Palu Koro. Sehingga perlu diwaspadai.

Sementara itu, atas terjadinya gempa tersebut warga sempat panik. Warga berlarian keluar rumah.

"Paniklah Pak, karena barusan ini lagi gempa, gempa pertama itu yang terasa sekali, makanya kita lari keluar rumah semua," kata seorang warga Palu, Syakila.

(rfs/rfs)