5 Hari Sebelum Meninggal, Hakim Agung Pasaribu Sidang Seperti Biasa

Andi Saputra - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 18:04 WIB
Gedung Mahkamah Agung, Jakarta
Mahkamah Agung (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Hakim agung MD Pasaribu meninggal dunia pada Rabu (25/3) pukul 20.05 WIB. Lima hari sebelumnya, MD Pasaribu masih bersidang seperti biasa.

"YM Hakim Agung MD Pasaribu bersidang pada Jumat (20/3) dengan majelis hakim kasasi yang dipimpin oleh Andi Abu Ayyub Saleh sebagai ketua majelis, MD Pasaribu dan Hidayat Manau masing-masing sebagai hakim anggota," kata juru bicara MA, hakim agung Andi Samsan Nganro, saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (28/3/2020).

MD Pasaribu adalah hakim agung yang berada di Kamar (Chamber) Pidana. Alhasil, dia khusus mengadili kasus-kasus pidana.

"Sebelumnya, pada Kamis (hari pengecekan kesehatan para hakim agung dan hakim ad hoc di RSPAD--termasuk yang diperiksa adalah Pak MD Pasaribu), Pak MD Pasaribu bersidang di majelis saya dalam perkara-perkara PK," ujar Andi.

Sidang pada Kamis (19/3) itu, Andi Samsan sebagai ketua majelis dan hakim anggota adalah MD Pasaribu dan Pak Leo Hutagalung (hakim ad hoc Tipikor).

"Tapi yang sempat diputus hanya dua perkara PK dari empat perkara yang dijadwalkan hari itu dengan alasan satu perkara masih sedang dipelajari dan yang satunya lagi saya juga minta ditunda karena saya masih pelajari berkas perkaranya, berkasnya tebal. Biasa, perkara tipikor," kata Andi lagi.

Selanjutnya
Halaman
1 2