Riset: Jus Jeruk Beserta Kulit Bisa Tingkatkan Imunitas untuk Lawan Corona

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 12:55 WIB
Chilled orange juice.
Ilustrasi jus jeruk (Ilustrasi/thinkstock)

"Jadi ini hasil riset awal dan bakal ada penelitian lanjutan, tetapi hasil riset ini sudah bermanfaat. Kita mau mengingatkan, kulit jeruk itu jangan dibuang. Manfaatnya itu ditemukan senyawa hesperidin yang memiliki indikasi meningkatkan imunitas. Ini kita mau edukasi ke masyarakat ya, kalau makan jeruk, jangan dibuang kulitnya. Meski pahit ya, pasti pahit," ujar Yatri ketika dihubungi detikcom.

Lebih lanjut, Yatri mengatakan, sesuai dengan keterangan dari para peneliti, semua jenis jeruk dan kulitnya pada dasarnya memiliki senyawa hesperidin. Untuk itu, dia berharap masyarakat setidaknya mencoba memasukkan sedikit kulit jeruk ketika hendak membuat jus buah jeruk.

"Ada indikasi meningkatkan imunitas, kita belum bisa bilang pasti, tapi ada potensi. Itu semua jenis jeruk ya, ada jenis jeruk bali, jeruk nipis, jeruk sunkist, jeruk lemon," paparnya.

Dia mengatakan hasil riset ini disampaikan agar menjadi alternatif masyarakat dalam mencari sumber peningkat imunitas tubuh, sehingga masyarakat tidak melulu hanya minum vitamin.

"Kalau takaran berarti harus melalui uji klinis. Sampai saat ini kita belum bisa pastikan takaran. Paling ancar-ancar sesuai kemampuan diri sendiri. Misalnya orang kuatnya sedikit karena tidak tahan pahit, ya tidak apa-apa. Kalau kuat sejeruk-jeruknya, ya monggo," katanya.


(jbr/jbr)