Round-Up

Kementerian Agama Turun Tangan Atur Skema Pernikahan di Tengah Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 08:09 WIB
Kantor Kementerian Agama / Kemenag
(Foto: Dok. Kemenag)

Protokol yang sama juga diterpkan apabila pernikahan tidak dilangsungkan di KUA. Menurut Kamaruddin, hanya yang wajib hadir saja yang berada di lokasi pernikahan.

"Jadi kalau di luar kantor juga protokolnya sama. Jadi yang hadir hanya yang wajib-wajib saja dan ruangannya harus dipastikan harus bersih. Jadi semua harus punya langkah bersama untuk memastikan bahwa proses pelaksanaan nikah itu tidak menjadi tempat transmisi Coronavirus, sehingga protokol kesehatan harus dijaga," kata Kamaruddin.

Selain itu, Kamaruddin juga membantah adanya informasi yang menyebut pelayanan KUA ditutup sejak 24 Maret karena makin mewabahnya virus Corona. Menurutnya, pelayanan di KUA tetap berjalan meski adanya kebijakan untuk bekerja dari rumah.

"Di surat edaran yang sudah kami buat itu sebenarnya pelayanan administrasi itu tetap berjalan meskipun edaran terakhir kan kepala kantor berkantor di rumah, tetapi jika ada hal-hal mendesak maka dia bisa ke kantor," ujar Kamaruddin .

"Jadi prinsipnya sebenarnya tidak ditutup, tetapi bekerja dari rumah dan jika ada kebutuhan-kebutuhan mendesak tetap harus ke kantor," sambungnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3