Kementerian BUMN Terima Bantuan Pencegahan Corona dari China Huadian

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 19:45 WIB
kementerian BUMN
Foto: kementerian BUMN
Jakarta -

Kementerian BUMN menerima bantuan pencegahan penyebaran virus Covid-19 dari China Huadian. Penyerahan tersebut disaksikan Menteri BUMN Erick Thohir dan Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto.

Erick Thohir mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Ia mengatakan, dengan adanya bantuan perlengkapan medis tersebut diharapkan dapat membantu para tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam menangani pandemi Virus Covid-19.

"Saya merasa senang banyak negara yang ingin membantu, ini membuktikan bahwa memang BUMN dipercaya. Saya yakin akan banyak lagi bantuan yang datang, bukan hanya dari China tetapi dari perusahaan-perusahaan negara lain. Saya harapkan dukungannya," ujar Erick dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (27/3/2020).

China Huadian yang merupakan rekanan PT Bukit Asam (Persero) Tbk di PLTU Sumsel 8, memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD), masker, thermometer shot gun, dan sanitizer. Paket bantuan tersebut didatangkan ke Jakarta pada Kamis, 26 Maret 2020.

Sebelumnya, Kementerian BUMN juga menerima bantuan dari kolaborasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan Yayasan Buddha Tzu Chi. Bantuan yang diberikan meliputi alat test cepat (rapid test kit), alat perlindungan diri (APD), alat bantu pernafasan, dan masker. Bantuan tersebut merupakan hasil dari donasi Kadin, Tzu Chi, dan sejumlah perusahaan yang tergabung dalam inisiatif "Pengusahan Peduli NKRI".

(mul/ega)