Pemprov Babel Terima Bantuan 2.000 APD untuk Tenaga Medis

Deni Wahyono - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 18:53 WIB
Penyerahan APD di Kota Pangkalpinang (Dok. Gugus Tugas)
Penyerahan APD di Kota Pangkalpinang (Foto: dok. Gugus Tugas)
Pangkalpinang -

Pemprov Bangka Belitung (Babel) telah menerima bantuan alat pelindung diri (APD) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat untuk tenaga medis terkait kasus wabah Corona. Total ada 2.000 APD yang diterima di posko Gugus Tugas COVID-19 Babel.

Bantuan APD untuk tenaga medis ini langsung diterima Komandan Kodim (Dandim) 0413/Bangka Kolonel Pujud Sudarmanto bersama Ketua Gugus Tugas Covid-19 Babel Mikron Antariksa.

"APD ini merupakan bantuan dari BNPB pusat. Ada 40 dus, totalnya 2.000 APD," jelas Kolonel Pujud Sudarmanto di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Jumat (27/3/2020).

Lanjut Dandim, TNI berkoordinasi dengan BNPB pusat soal pendistribusian APD supaya bisa sampai tujuan tanpa berkurang satu pun.

"Teknisnya akan diatur oleh Ketua Gugus Tugas COVID-19 Babel," ujarnya.

Terpisah, Ketua Gugus Tugas COVID-19 Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan alat pelindung diri ini akan diserahkan kepada gugus tugas yang ada di kabupaten dan kota.

"Kami akan berikan ke gugus tugas di kota maupun kabupaten, tidak langsung ke rumah sakit. Itu prosedurnya," kata Mikron.

Sementara itu, untuk pencegah penularan wabah Corona atau COVID-19 di Bangka Belitung, Pemerintah Kota Pangkalpinang/kabupaten serta Gugus Tugas COVID-19 melakukan penyemprotan disinfektan ke fasilitas umum, seperti sekolah, sarana ibadah, permukiman penduduk, sarana olahraga, dan fasilitas umum lainnya ke sejumlah wilayah di Babel.

(gbr/gbr)