Pandemi Corona, Komnas HAM Minta Pemerintah Karantina Wilayah Zona Merah

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 18:20 WIB
Beka Ulung Hapsara / Komnas HAM
Komisioner Komas HAM Beka Ulung Hapsara (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyoroti penyebaran virus Corona yang semakin luas. Komnas HAM meminta pemerintah melakukan karantina wilayah terbatas pada daerah yang masuk kategori zona merah.

"Komnas HAM meminta kepada Presiden dan jajarannya untuk segera melakukan karantina wilayah terbatas untuk daerah-daerah yang sudah dikategorikan daerah merah (red zone) sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19," kata komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/3/2020).

Beka mengatakan pelaksanaan karantina diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Pasal 55 ayat 1. Beka menyebut, dalam pasal tersebut, pemerintah harus memastikan kebutuhan warga tercukupi selama masa karantina.

"Memastikan, selama dalam karantina wilayah tertentu, kebutuhan dasar warga dan makanan hewan ternak yang berada di wilayah karantina terpenuhi sebagaimana diatur dalam Pasal 55 ayat 1 UU Nomor 06 Tahun 2018," jelas dia.

Beka menjelaskan pemerintah harus memastikan distribusi bahan pokok tersampaikan dengan mudah kepada masyarakat. Hal tersebut mengingat potensi konflik yang bisa muncul akibat karantina wilayah.

"Memudahkan distribusi bahan makanan pokok masyarakat untuk menjangkaunya agar meminimalkan potensi konflik sosial yang timbul akibat karantina wilayah," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2