Menhan Prabowo Perintahkan Anak Buahnya Tak Mudik demi Cegah Corona

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 17:33 WIB
Pesawat Hercules yang membawa alat kesehatan dari China tiba di Halim Perdanakusuma, Jakarta. Menhan Prabowo Subianto menyambut langsung bantuan tersebut.
Prabowo Subianto (Dok. Menhan)
Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memerintahkan jajaran Kementerian Pertahanan untuk tidak mudik tahun ini. Indonesia saat ini tengah dilanda wabah virus Corona.

Instruksi itu disampaikan Menhan Prabowo melalui Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan yang ditandatangani oleh Laksamana Madya TNI Dr Agus Setiadi. Prabowo ingin jajaran Kemhan terlibat dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

"Agar seluruh jajaran di Kementerian Pertahanan RI mulai dari Pejabat Eselon 1 sampai dengan pegawai-pegawai di Kemhan untuk tidak melakukan aktivitas mudik pada tahun ini," kata juru bicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam keterangannya, Jumat (27/3/2020).

"Instruksi ini disampaikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk memastikan seluruh pegawai Kemhan aktif melakukan pencegahan dan penanggulangan dini penyebaran virus Corona yang semakin masif saat ini," tegas Dahnil.

Dahnil menyebut arahan Prabowo ini harus dituruti jajaran Kemhan.

"Instruksi Menhan tersebut bersifat mengikat untuk semua jajaran di Kementerian Pertahanan," tegas Dahnil.

Dahnil mengatakan, Prabowo juga meminta jajaran Kemhan aktif menyampaikan hal serupa kepada sanak saudara dan tetangga serta orang-orang terdekat. Hal ini penting untuk memastikan penyebaran virus Corona tidak semakin masif.

"Tidak mudik adalah salah satu langkah kemanusiaan dan menjaga sesama yang baik saat ini. Menhan juga mengajak kepada seluruh elemen bangsa di mana pun berada untuk melakukan hal yang serupa seperti yang diinstruksikannya kepada seluruh jajaran Kemhan," sebut Dahnil sembari menyatakan cara membela negara di tengah wabah Corona salah satunya dengan tidak mudik dan tetap menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga dan tetangga terdekat.

(gbr/fjp)