3 Negara Minta Warganya Cepat Pulang, BNPB: Mereka Takut RS Tak Cukup

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 15:05 WIB
Wabah Corona berdampak ke hampir semua sektor. Transportasi jadi salah satu sektor yang terdampak dari penyebaran virus Corona di Indonesia.
Ilustrasi (Antara Foto)
Jakarta -

Di tengah situasi darurat virus Corona, ada tiga negara yang telah meminta warganya cepat pulang dari Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memahami kekhawatiran pihak warga negara asing (WNA) di Indonesia.

"Saya kira karena sudah ada penularan lokal, mereka takut tertular dan tidak bisa ditangani di sini," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo kepada wartawan, Jumat (27/3/2020).

Tiga negara tersebut adalah Amerika Serikat (AS), Australia, dan Selandia Baru. Permintaan tiga negara itu ke warga masing-masing di Indonesia disampaikan nyaris bersamaan, yakni Kamis (26/3) kemarin. Meski ada kekhawatiran mereka tak tertangani bila tertular COVID-19, bukan berarti Indonesia tak ada penanganan COVID-19.

"Sudah ada penanganan. Sepertinya mereka takut RS kita nggak cukup menampung semua kasus yang ada," kata Agus.

Pada Selasa (23/3) kemarin, Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) menyebut banyak rumah sakit di Indonesia penuh. Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, pada Kamis (5/3) awal bulan sempat menyatakan ruang isolasi hampir terisi penuh.

CT Corp Dukung Penyiapan Bangsal Khusus Corona di RS Infeksi Airlangga:

Selanjutnya
Halaman
1 2