Cegah Corona Meluas, Waka DPRD Sumut Minta Gubsu Edy Terapkan Lockdown

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 10:11 WIB
Ketua  DPD PKS Medan, Salman Alfarisi, (Arfah-detikcom)
Wakil Ketua DPRD Sumut, Salman Alfarisi (Arfah/detikcom)
Medan -

Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Salman Alfarisi meminta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menerapkan lockdown wilayah. Hal ini, kata Salman, harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona makin meluas di Sumut.

"Belajar dari daerah dan negara lain, semestinya ketika kasus sudah sampai seperti ini, Sumut harusnya memberlakukan lockdown total dengan berbagai macam konsekuensi biaya yang harus dikeluarkan," ujar Salma kepada wartawan, Jumat (27/3/2020).

Sebagai informasi, hingga Kamis (26/3), terdapat tiga orang yang meninggal di Sumut terkait Corona. Seorang di antaranya positif dan dua lainnya masih berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

Selain itu, terdapat delapan orang pasien positif Corona yang masih dirawat dan 71 orang PDP serta 3.080 orang dalam pemantauan (ODP). Menurut Salman, lockdown bisa menjadi cara untuk mencegah Corona meluar. Dia pun menilai Sumut bisa meniru yang dilakukan Tegal, yakni memasang beton di perbatasan.

"Seharusnya begitu. Jadi di negara manapun yang selesai masalah mereka itu harus lakukan hal-hal seperti itu. Tidak ada yang bisa melakukannya kecuali atas instruksi gubernur atau kepala daerah di kabupaten/kota. Perlu dipetakan daerah mana saja yang sebarannya tinggi atau udah ada sebaran di kota mana saja itu harus cepat diambil tindakan," ucap Salman.

Pemerintah Lacak Pasien COVID-19 Lewat Aplikasi TraceTogether:

Selanjutnya
Halaman
1 2