29 Kecamatan di Kabupaten Serang Akan Disemprot Disinfektan

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 20:06 WIB
Pemkab Serang
Foto: Dok. Pemkab Serang
Jakarta -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Serang melakukan disinfeksi dengan menurunkan 20 personel dan sejumlah pendamping. Alat dan sarana yang dipakai yakni 15 alat disinfeksi portable dan 2 unit mobil damkar.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, untuk mengefektifkan langkah pencegahan, digelar rapat khusus dengan TNI-Polri untuk melakukan sinergi program memerangi wabah virus ini.

"Kami harus bergerak bersama, pertama memastikan masyarakat melakukan social distancing dan mencegah kerumunan massa di pusat keramaian," jelas Tatu dalam keterangan tertulis, Kamis (26/3/2020).

Menurut Tatu, TNI-Polri sudah melakukan sosialisasi pencegahan dan melakukan disinfeksi. Kemudian ke depan, upaya disinfeksi lebih masif ke desa-desa.

"Kami akan menambah persediaan masker dan APD (alat pelindung diri) untuk tenaga kesehatan baik di puskesmas maupun rumah sakit. Jika dibutuhkan, kami pun akan menyediakan alat rapid test," imbuh Tatu.

Sementara itu, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Serang, Nana Sukmana mengatakan, sesuai arahan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, gugus tugas yang di dalamnya terdapat unsur TNI-Polri, harus melakukan langkah disinfeksi bersama pemerintah kecamatan dan pemerintah desa

"Kami akan turun ke 29 kecamatan di Kabupaten Serang. Tahap pertama kami turun ke Kecamatan Jawilan dan Kopo, kami turun ke desa-desa," ungkap Nana.

Dengan melibatkan TNI-Polri, sejumlah personel diturunkan untuk melakukan disinfeksi atau penyemprotan disinfektan ke pemukiman warga, pusat pelayanan pemerintah, dan tempat peribadatan. Menurut Nana, gugus tugas akan memberikan bantuan 3 alat disinfeksi kepada setiap pemerintah kecamatan.

"Nanti dibagi setiap alat ke kantor pemerintah kecamatan, koramil, dan polsek. Kami bersinergi memerangi corona," pungkasnya.

(prf/ega)