Legislator PKB Dorong BUMN Kesehatan Produksi Bilik Disinfektan

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 18:59 WIB
Bilik disinfektan di Istana Presiden RI
Foto: Bilik disinfektan di Istana Presiden RI/Istimewa
Jakarta -

Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Marwan Jafar mendorong BUMN-BUMN yang bergerak dalam bidang kesehatan untuk memproduksi bilik disinfektan. Marwaan mengingatkan soal Vietnam yang memproduksi bilik disinfektan dan dapat menahan laju penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Sebaiknya pemerintah, melalui lembaga-lembaga BUMN terkait yang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi misalnya, dapat segera membuat bilik disinfektan yang menyemprotkan zat natrium chlorida (garam) buat dimanfaatkan banyak warga masyarakat," kata Marwan kepada wartawan, Kamis (26/5/2020).

"Vietnam sudah menerapkan pembuatan bilik disinfeksi ini dan dapat menahan penyebaran Covid-19 secara signifikan," ujar anggota Komisi VI DPR kepada media hari ini di Jakarta," imbuhnya.

Anggota Komisi VI DPR itu menilai pemerintah tidak perlu me-lockdown untuk mencegah penyebaran virus Corona. Marwan meyakini penyebaran virus Corona bisa cegah asalkan masyarakat juga disiplin menjalankan imbauan-imbauan pemerintah.

"Selain itu, ikhtiar pembuatan bilik disinfeksi ada baiknya dibuat di Indonesia oleh BUMN sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Di samping itu, upaya-upaya seperti isolasi mandiri disarankan terus dipraktekkan secara disiplin, ikhlas oleh segenap warga masyarakat," tutur Marwan.

Sebelumnya, beberapa instansi pemerintah secara mandiri telah membuat bilik disinfektan. Polri menjadi lembaga yang paling giat memproduksi bilik disinfektan.

Polres Banjar, Polres Gresik dan Polres Pasuruan telah membuat bilik disinfektan yang ditempatkan di area kantor mereka. Selain itu, Rutan Kelas I Makassar, Sulawesi Selatan, juga membuatnya.

(zak/fjp)