Pandemi Corona, PN Jaksel-Rutan Pondok Bambu Gelar Uji Coba Sidang Online

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 18:20 WIB
Pengadilan Negeri Jaksel/Audrey Santoso
Pengadilan Negeri Jaksel (Audrey Santoso/detikcom)
Jakarta -

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan melakukan uji coba dengan pihak Rutan Pondok Bambu menggelar sidang secara online menggunakan teleconference. Hal itu bertujuan agar tahanan tidak perlu lagi dihadirkan ke pengadilan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan melakukan uji coba sidang online setelah beberapa hari sebelumnya melaksanakan sidang melalui video conference dengan Kejaksaan Negeri Jaksel dan Rutan Cipinang," kata pejabat Humas PN Jaksel, Achmad Guntur, saat dihubungi, Kamis (26/3/2020).

Uji coba sidang online itu dilakukan secara terpisah, yakni hakim berada di pengadilan, jaksa berada di kantornya di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, dan tahanan berada di Rutan Pondok Bambu. Guntur menambahkan sebelumnya sidang secara online perkara pidana sudah digelar pada Selasa (24/3) lalu dengan tahanan di Rutan Cipinang dan jaksa berada di kantornya.

"Karena dinilai efektif persidangan online tersebut, maka dilakukan uji coba dengan Rutan Pondok Bambu di mana tahanan wanita berada karena dalam waktu dekat akan dilaksanakan persidangan online terhadap terdakwa yang tahanannya berada di Rutan Pondok Bambu," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2