Korban Gempa Palu 2018 Masih Banyak di Tenda Darurat, Waswas Wabah Corona

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 11:35 WIB
Nyaris setahun berlalu usai gempa dan tsunami melanda wilayah Palu dan sekitarnya. Hingga kini masih ada sejumlah pengungsi yang tinggal di tenda darurat.
Tenda darurat yang berdiri dampak gempa Palu M 7,4 yang terjadi pada 2018 lalu (Antara Foto/Basri Marzuki)

Hal senada diungkapkan Jaka, salah seorang pengungsi di Desa Wombo Kalonga, Kecamatan Palu Utara. Jaka berharap penyemprotan dilakukan di seluruh permukiman warga, termasuk warga yang masih ada di tenda-tenda darurat.

Di desanya, kata dia, masih ada sejumlah warga yang tinggal di tenda darurat karena tidak mendapatkan huntara. Sedangkan rumah mereka sebelumnya rusak akibat gempa bumi. Dia meminta pihak terkait melakukan penyemprotan agar warga terhindar dari penularan virus Corona.

Mereka juga mendukung penuh kebijakan Pemkot Palu dan Pemprov Sulteng yang memperketat pintu masuk melalui jalur darat di Terminal Induk Mamboro guna mengantisipasi COVID-19.

"Kami sangat mendukungnya dan seharusnya semua pihak ikut mendukung langkah antisipasi yang dilakukan pemerintah di daerah ini terkait upaya pencegahan virus Corona," katanya.

Pemerintah daerah memperketat penjagaan pintu masuk di Terminal Mamboro Palu dan setiap penumpang yang turun dari bis-bis angkutan kota dalam provinsi dan angkutan kota antarporovinsi harus menjalani pemeriksaan oleh petugas dinas kesehatan.

Cegah PHK di Masa Corona, Pemerintah Siapkan Surat Utang Buat Pengusaha:

Halaman

(jbr/idh)