Round-Up

Poin-poin Instruksi Terbaru Jokowi ke Gubernur Tangani Darurat Corona

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 22:17 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)

Fokus 3 Hal Utama

Jokowi meminta para gubernur berfokus pada 3 hal utama. Apa saja?

Jokowi meminta kepala daerah tetap fokus ke tiga hal. Tiga hal itu meliputi keselamatan, bantuan sosial, dan juga kesiapan menyediakan stok pangan.

"Intinya kita ingin ada 3 hal yang jadi fokus kita. Pertama, keselamatan adalah utama, tetapi siapkan. Yang kedua, social safety net-nya, bantuan sosialnya tolong disiapkan. Ketiga, dampak ekonomi dihitung betul sehingga kesiapan kita dalam menyediakan stok pangan betul-betul ada," kata Jokowi.

Poin-poin Instruksi Terbaru Jokowi ke Gubernur Tangani Darurat CoronaIlustrasi istilah-istilah terkait virus Corona, apakah semua paham? (Danu Damarjati/detikcom)

Skenario Buruk-Ringan Tangani Corona

Jokowi menyiapkan beragam skenario dalam penanganan virus Corona. Jokowi ingin semua dampak virus Corona ini dikalkulasi secara matang.

"Skenario juga telah kita hitung, kita kalkulasi mengenai prediksi dari COVID-19 ini di negara kita Indonesia, bulan April seperti apa, bulan Mei seperti apa, skenario buruk seperti apa, skenario ringan seperti apa dan saya kira ingin kita berada skenario yang ringan, dan kalau memang betul-betul sulit dibendung ya kita paling tidak masuk ke skenario sedang jangan sampai masuk ke skenario paling buruk," kata Jokowi.

Jokowi kemudian mensimulasikan skenario sedang dampak Corona ini di sejumlah daerah. Dia menyebut provinsi yang paling terkena dampak buruk dari Corona terkait buruh adalah Nusa Tenggara Barat (NTB).