Round-Up

Poin-poin Instruksi Terbaru Jokowi ke Gubernur Tangani Darurat Corona

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 22:17 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)

Tidak Ambil Keputusan Lockdown

Jokowi menegaskan kepada para gubernur bahwa pemerintah pusat tidak akan mengambil keputusan lockdown.

"Ada yang bertanya kepada saya, kenapa kebijakan lockdown tidak kita lakukan? perlu saya sampaikan, bahwa setiap negara memiliki karakter yang berbeda-beda, memiliki budaya yang berbeda-beda, memiliki kedisiplinan yang berbeda-beda," kata Jokowi.

Jokowi menunjukkan kertas dan mengatakan sudah melihat kebijakan-kebijakan yang diambil setiap negara dalam menghadapi pandemi corona. Jokowi mengaku memantau perkembangan situasi setiap hari.

Hitung Dampak Kebijakan

Jokowi mengingatkan provinsi untuk menghitung betul dampak kebijakan yang dikeluarkan.

"Oleh sebab itu penanganan COVID-19 kita semuanya harus satu visi memiliki kebijakan yang sama dan saya minta setiap kebijakan-kebijakan yang ada di provinsi semuanya dihitung, baik dampak kesehatan dan keselamatan rakyat kita maupun dampak sosial-ekonomi," kata Jokowi.

Jokowi memberikan contoh kebijakan yang harus dihitung dampak-dampaknya. Semua kebijakan, tegas Jokowi, harus dihitung dampaknya bagi rakyat.

"Saya berikan contoh, misalnya provinsi atau kabupaten kota ini membuat sebuah kebijakan sekolah diliburkan, kantor ditutup semuanya, kemudian tempat-tempat transaksi ekonomi, misalnya pasar ditutup semua," sebut Jokowi.

"Tolong ini betul-betul dihitung betul, dikalkulasi betul dampak sosial ekonomi dan kesehatan yang ada," tegas Jokowi.