Kemensos Naikkan Bantuan Sembako ke 15,2 Juta Keluarga Jadi Rp 200 Ribu

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 13:34 WIB
Gedung Kemensos, Gedung Kementrian Sosial
Gedung Kemensos (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) berupaya membantu masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi Corona. Kemensos akan menaikkan uang bantuan program sembako menjadi Rp 200 ribu.

"Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan kegiatan dalam pencegahan dan penangangan COVID-19 untuk mengurangi beban masyarakat sipil sebagai akibat dampak ekonomi akibat COVID-19 melalui bantuan sosial," kata Dirjen Penanganan Fakir Miskin, Asep Sasa Purnama, di BNPB, yang disiarkan di akun YouTube BNPB, Selasa (24/3/2020).

yang pertama meningkatkan nilai bantuan program sembako yang menyasar 15,2 juta keluarga penerima upah, dari semula sebesar Rp 150 ribu per bulan menjadi Rp 200 ribu per bulan per KPM (keluarga penerima manfaat)," tambahnya.

Kenaikan uang tersebut akan berlaku selama 6 bulan dari Maret-Agustus 2020. Kenaikan uang tersebut akan berlaku selama 6 bulan dari Maret-Agustus 2020. Kedua, mempercepat penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 10 juta KPM tahap kedua yang seharusnya disalurkan April, dimajukan ke pertengahan Maret ini.

Selanjutnya tahap ketiga yang seharusnya disalurkan pada bulan Juli dimajukan ke bulan April. Program yang semula disalurkan per tiga bulan pun diubah menjadi tiap bulan.

"Sehingga di masa tanggap darurat KPM PKH (Program Keluarga Harapan) mendapatkan manfaat ganda," ujarnya.

Ketiga Kemensos menyiapkan cadangan beras pemerintah untuk digunakan kepala daerah yang terdampak COVID-19. Selain itu Kemensos juga memberikan santunan sosial kepada ahli waris yang keluarganya terdampak COVID-19.

"Untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan Kemensos memberikan santunan kematian kepada ahli waris sebesar Rp 15 juta per orang yang meninggal sebagai bentuk perhatian dan belasungkawa dari negara," sambungnya.

Pandemi Corona, Kemensos Ambil 3 Langkah Prioritas untuk Fakir Miskin:

(yld/jbr)