Ada Tenda Sterilisasi, Tiap Orang Masuk Kejagung Disemprot Disinfektan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 19:15 WIB
Pegawai dan tamu Kejagung dianjurkan masuk ke tenda dan melakukan gerakan memutar di depan mesin pengembun (humidier) yang berisi cairan disinfektan.
Foto: dok. Kejagung
Jakarta -

Kejaksaan Agung (Kejagung) menyediakan ruang sterilisasi di tenda putih untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Pegawai dan tamu Kejagung dianjurkan masuk ke tenda dan melakukan gerakan memutar di depan mesin pengembun (humidier) yang berisi cairan disinfektan.

"Setiap pegawai dan tamu yang akan masuk ke lingkungan Kejaksaan Agung RI diharuskan mensterilkan diri dengan cara masuk ke dalam ruang sterilisasi berupa tenda yang dilengkapi dengan mesin pengembun (humidifier) yang sudah dilengkapi cairan disinfektan dan kemudian disemprot embun ke seluruh badan dengan cara memutar badan 360 derajat," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/3/2020).

Hari mengatakan penyemprotan juga dilakukan terhadap pengunjung. Hal itu, katanya, mengingat mobilitas pengunjung yang datang melakukan pengaduan perkara ke Kejagung tidak dapat diperkirakan.

"Kejagung, yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mendapatkan prioritas untuk dilakukan penyemprotan disinfektan karena dianggap area publik yang sering kedatangan tamu dari luar, baik yang menyangkut pengaduan kasus dan penanganan perkara, baik pidana umum maupun pidana khusus, permintaan informasi publik, maupun permintaan pelayanan hukum serta berbagai pelayanan umum yang terkait dengan tugas dan fungsi Kejagung," ujar dia.

Selain itu, Hari mengatakan penyemprotan cairan disinfektan bukan hanya dilakukan di dalam area Kejagung. Namun, katanya, penyemprotan juga dilakukan pada akses jalan menuju Kejagung.

"Juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan terhadap lingkungan di seluruh Kejagung antara lain akses jalan beraspal, koridor, dan taman. Penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan Kejagung hari ini, menyusul penyemprotan disinfektan sebelumnya terhadap gedung utama yang telah dilaksanakan seminggu sebelumnya," katanya.

(aud/aud)